Kesehatan

Inilah Penyebab Infeksi Pneumonia Yang Perlu Anda Ketahui

Summary

Tahukah kamu, bahwa ISPA yang termasuk penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini, ternyata disebabkan oleh virus yang menyerang trakea dan paru-paru. Dari infeksi itu, kemudian timbul lagi penyakit penyertanya, yakni Pneumonia. Pneumonia adalah infeksi yang berdampak pada akibat adanya peradangan […]

Tahukah kamu, bahwa ISPA yang termasuk penyakit yang menyerang saluran pernapasan ini, ternyata disebabkan oleh virus yang menyerang trakea dan paru-paru. Dari infeksi itu, kemudian timbul lagi penyakit penyertanya, yakni Pneumonia.

Pneumonia adalah infeksi yang berdampak pada akibat adanya peradangan pada alveoli atau kantung udara, baik pada satu bagian, maupun kedua bagian paru-parunya. Akibat dari Pneumonia, alveoli seseorang bisa terisi dengan cairan, bisa juga berupa nanah. Sobat, tetap di artikel ini ya, karena kami akan mengupas Pneumonia secara rinci.

Pemicu dan Gejala Penyakit Pneumonia

Menurut pakar, penyakit Pneumonia bisa menjangkit siapapun, bahkan anak-anak sekalipun. Selain itu, Pneumonia bisa dialami seseorang dengan faktor kesehatan tertentu, hingga mereka yang memiliki imutitas rendah. Selain itu, Pneumonia bisa dikarenakan:

  • Jamur. Apabila jamur jenis histoplasma capsulatum, blastomyces dermatitidis, srytococcus neofarmans, dan sejenisnya terhidup oleh hidung, maka jamur-jamur ini kemudian akan menyerang bagian paru-paru yang kemudian menyebabkan seseorang mengidap Pneumonia.
  • Virus. Selain jamur, bakteri-bakteri seperti respiratory syncytial bisa menyebabkan seseorang mengidap Pneumonia. Selain itu, virus seperti herpes simpleks, dan chicken pox pun memiliki potensi meski dengan prosentase kecil, menyebabkan timbulnya Pneumonia.
  • Bakteri. Streptococcus Pneumonia adalah salah satu bakteri yang kerap kali menjadikan seseorang terkena penyakit ini.

Kuman yang menjadi penyebab munculnya Pneumonia tergolong jenis yang sangat mudah menular. Maka, sebaiknya kamu perlu ekstra hari-hati ketika bersinggungan dengan pengidap Pneumonia.

Gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit Pneumonia pun beragam, ada yang ringan, hingga yang beresiko tinggi, seperti: Demam, berkeringat, batuk berdahak, sesak nafas berlebih, mual muntah, hilangnya nafsu makan, sakit kepala, dan lainnya.

Mencegah Penyakit Pneumonia

Pneumonia tergolong sebagai penyakit yang cukup berbahaya, maka dari itu setiap dari kita harus berupaya menghindari dan mencegahnya, dengan cara:

  • Vaksin. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun memerlukan vaksin Pneumonia agar terhindar dari penyakit ini.
  • Menjaga Imunitas. Agar tubuh bisa melawan berbagai virus dan bakteri, tentu upaya meningkatkan imunitas tubuh dengan menjaga pola makan, olahraga, dan gaya hidup sehat dangat ditekankan. Ketika tubuh kuat, maka potensi Pneumonia menjadi minim.
  • Jaga jarak. Penting dilakukan, setiap dari kita perlu menjaga jarak dengan mereka yang mengidap penyakit Pneumonia agar tidak tertular.
  • Stop merokok. Merokok menyumbang potensi seseorang terkena Pneumonia. Bahkan tak hanya itu, merokok dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya lainnya seperti kanker paru-paru.
  • Jaga kebersihan. Faktanya, virus yang meyerang organ pernapasan seringkali diperantarai oleh tangan, misal mengorek hidung. Maka, sebagai upaya pencegahan, kita perlu menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan dengan anti septik atau sabun.
  • Bersin. Tatkala bersin, upayakan kita selalu menutup dengan benar. Bisa dengan tisu, atau tangan yang dirapatkan sempurna. Apabila kita berhadapan dengan mereka yang bersin, kita pun perlu waswas.

Apabila anda sudah memahami bagaimana cara mencegah penyakit ini, mungkin anda perlu juga mengetahui bagaimana cara pengobatan terbaiknya. Mengingat penyakit ini tidak bisa disepelekan, sebagaimana pilek biasa, maka memiliki pemahaman yang kompleks sangat diperlukan, baik mencegah, maupun mengobatinya. Dengan demikain, anda bisa menyelamatkan minimal diri anda sendiri, dan orang-orang terdekat anda dari bahaya penyakit Pneumonia.

Nah, agar wawasan seputar penyakit Pneumonia, serta informasi kesehatan lainnya bertambah, anda bisa membaca artikel kesehatan di Halodoc.com. Sebagai platform kesehatan terbaik, Halodoc akan menyajikan informasi yang akurat berkaitan dengan suatu hal. Dengan demikian, Anda tak perlu ragu, karena Halodoc ditulis oleh para dokter dan pakar kesehatan terbaik.