Teknologi

3 Trik Mengoptimalkan Kamera iPhone 12 Untuk Hasil Gambar Sempurna

Summary

Kian kesini, rasanya kamera smartphone selalu mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat signifikan, termasuk iPhone 12. Memang sih, sejak dulu kamera iPhone selalu didambakan karena hasil tangkapannya yang sangat super wow dan menakjubkan. Tetapi kata orang nih, percuma kamera canggih […]

Kian kesini, rasanya kamera smartphone selalu mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat signifikan, termasuk iPhone 12. Memang sih, sejak dulu kamera iPhone selalu didambakan karena hasil tangkapannya yang sangat super wow dan menakjubkan. Tetapi kata orang nih, percuma kamera canggih kalau user tidak biisa mengoptimalkan penggunaannya.

Nah, agar hasil jepretan kamera iPhone 12 kamu makin kece dan sempurna, berikut ini kami akan berikan 3 tips dalam mengoptimalkan penggunaan kamera iPhone 12. Dengan menerapkan trik ini, tak mustahil kalau hasil jepretan kamera kamu lebih bernilai seni tinggi.

Wide Angle Timing

Perlu kamu ketahui, iPhone 12 mempunyai variasi tampilan pada fitur kameranya, yakni standar dan lebar. Kamu perlu ingat dan mengetahui kapan sih timing yang tepat menggunakannya. Ketika kamu menggunakan mode super lebar, opsi ini tak hanya mengubah gambarmu, tetapi mengoptimalkan hasil yang sesuai kondisi lebarnya gambar.

Misalnya, ketika kamu ingin memotret perbukitan yang jauh si sana, lensa dengan opti super wide akan menjadikan gambar tampak merata dan nyata. Sebaliknya apabila kamu menonaktifkan opsi ini, gambar akan didominasi objek yang paling besar, namun kekuatannya sangat maksimal apabila digunakan untuk menangkap dari sudut yang dekat dengan objek utama.

Kontrol eksposur

Secara default, iPhone 12 memungkinkan pengaturan eksposur yang terbaik, namun dalam kondisi tertentu opsi ini perlu dilakukan secara manual. Biasanya, kamera akan bingung mengatur gambar begitu ada gradasi yang sangat siginfikan antara sumber cahaya dengan objek gambar.

Misalnya, tatkala kamu mengambil formasi gambar seseorang yang membelakangi matahari terbenam, ketika kamu tidak mampu mengontrol eksposur dengan baik, maka kedua paduan gambar tidak bisa menyatu, mungkin gelap salah satu. Nah agar rasio keduanya menyatu dan hasil gambarnya maksimal, lakukanlah hal ini.

Cobalah untuk mengetuk objek gambar kamu di layar ponsel iPhone 12, guna memfokuskan gambar dengan benar. Berikutnya, kamu bisa mengoptimasi  kecerahan dengan cara menggeser bulatan kecil yang muncul ketika layar diketuk tadi. Nah, kamu hanya perlu menyesuaikan sehingga objek utama kamu benar-benar terlihat dengan baik.

Backgroud Mode

Perlu diketahui, bahwa dalam fotografi, latar belakang gambar turut mempengaruhi hasil tangkapan kamera, baik dari segi kualitas jernih, maupun unsur seninya. Sebelum kamu melakukan tangkapan kameran, jangan mengabaikan background objek utama kamu, karena banyak kasus fotonya bagus sih, tapi bikin kecewa karena latar belakangnya menganggu.

Umumnya kasus seperti ini banyak ditemukan ketika seseorang mengambil gambar pada kondisi keramaian. Lalu bagaimana solusinya, cukup gunakan fokus kamera iPhone 12 kamu. Dengan optimasi fokus kamera, kamu bisa menjadikan background yang kurang disenangi itu menjadi sedikit blur, sehingga objek utama menjadi terlihat jelas. Pun jika mode ini berjalan baik, hasil jepretan kamu pun akan semakin bernilai tinggi.